Keutamaan Menolong Orang Lain

  1. Hadis:

    الدَّالُّ عَلَى الْخَيْرِ كَفَاعِلِهِ، وَاللَّهُ يُحِبُّ إِغَاثَةَ اللَّهْفَانِ

    Artinya:
    "yang memberi petunjuk kepada kebaikan seperti orang yang mengerjakannya. dan Allah mencintai bantuan terhadap orang-orang yang susah."

    Asbabul Wurud:
    1. Diriwayatkan di dalam Shahih Muslim bahwa seorang laki-laki telah datang kepada Nabi, katanya: "Bawakan aku." Kata Rasulullah SAW: ”Aku tidak mendapatkan apa yang kau minta, tetapi datanglah kepada sifulan, semoga ia dapat membawakan itu untukmu." Setelah, berhasil, Rasulullah SAW bersabda: ”yang memberi petunjuk… dan seterusnya." 2. Diriwayatkan di dalam Shahih Muslim bahwa Nabi SAW telah datang kepada Nabi seraya berkata: "mulailah dan bawakan untukku!" Jawab Beliau : ”Aku tidak punya." Maka berkatalah seorang laki-laki: ”Ya Rasulullah SAW saya dapat menunjukkan siapa yang dapat membawanya." Maka Rasulullah SAWpun bersabda: ”yang memberi petunjuk… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Ahmad, Abu Yala, Al Asakir, Ad-Dhiya Dari Burairah. Ibnu Abu Dunya telah meriwayatkan di dalam ”Qadhaul Hawaij” Dari Anas. Imam Turmidzi meriwayatkan dengan lafadz: ”Innad daalla." Imam Muslim Dari Hadis I Ibnu Umar dengan lafadz (yang artinya): "Siapa yang menunjukkan kebaikan (pahalanya) seperti pahala orang yang mengeijakannya." Sedangkan As Syaibani juga meriwayatkannya Dari Ibnu Umar.