Al Fatihah

  1. Hadis:

    فَاتِحَةُ الْكِتَابِ هِيَ السَبْعُ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيْمُ الَّذِي أُوتِيْتُهُ

    Artinya:
    "Fatihatul Kitab adalah tujuh ayat yang ditulang-ulang dan ia adalah (surat) Al-Quranul-'Adhim yang diberikan kepadaku."

    Asbabul Wurud:
    Diriwayatkan Dari Hafash bin 'Ashim Dari Umar bin Khathab, Dari Sa'ad bin Ma'la, bahwa ia (Sa'ad) Ketika berdiri akan melakukan shalat di masjid, Nabi memanggilnya. Ketika selesai shalat barulah ia meng­hadap Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bertanya: "Apa yang mencegahmu segera memenuhi panggilanku. tidak kau dengar firman Allah: "Wahai orang- orang yang beriman segeralah penuhi panggilan Allah dan Rasul-Nya jika keduanya memanggil kamu."kemudian Beliau melanjutkan: "Maukah kuajari kamu sebuah surat yang agung Dari Al-Qur'an sebelum aku keluar Dari masjid?."Sa'ad berkata: "Maka aku berjalan bersama Rasulullah SAW sampai ke pintu masjid."kemudian Beliau bersabda: "Fatihatul Kitab ialah… dan seterusnya."

    Periwayat:
    At-Thahawi di dalam kitab Musykilul Atsar Dari Sa'ad bin Ma'la.


    disebutkan surat Al Fatihah (Pembukaan) sebab dengan Al Fatihah itulah dibukanya Al-Qur'an. Pembukaan sesuatu berarti permulaannya. Allah membuka atau memulai Al-Qur'an dengan Al Fatihah demikian pula yang membacanya. didalamnya terdapat doa mohon petunjuk ke jalan yang lurus. Jushu itulah fungsi Al-Qur'an.