Kenalilah Tetanggamu

  1. Hadis:

    وَهَلْ لَا يَعْرِفُ الجَارُ جَارَهُ وَهَلْ لَا يَعْرِفُ الجَارُ جَارَهُ وَهَلْ لَا يَعْرِفُ الجَارُ جَارَهُ

    Artinya:
    "Dan apakah tiada orang yang bertetangga mengenal tetangganya?, dan apakah tiada orang yang bertetangga mengenal tetanggamu?, dan apakah tiada orang yang bertetangga mengenal tetangganya?"

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana tercantum dalam "Al-Jami'ul Kabir" Dari Ibnu Umar: "Rasulullah SAW bersabda: Allah menciptakan untukku dua orang malaikat yang bermaksud mengucapkan salam kepada orang yang mengucapkan salam (taslim), kepada mereka baik yang tinggal di negeri timur atau negeri barat. Kecuali mereka yang mengucapkan selamat kepadaku di rumahku, maka sesungguhnya aku menjawab salam mereka itu dengan diriku sendiri, terutama penduduk Madinah maka aku menjawab salam mereka karena asal dan dan keturunan (nisbah) mereka. Kami bertanya: "Apakah engkau mengenal mereka wahai Rasulullah SAW padahal mereka berkembangbiak sepertinggalanmu? Beliau menjawab: "Apakah seorang tetangga tidak mengenal tetangganya?"Beliau mengulang-ulang pertanyaannya.

    Periwayat:
    Ibnu Najjar dan Ibnu Umar R.A Ibnu Najjar berkata Hadis itu asing (gharib), di dalam isnadnya terdapat nama Abui Hassan Ali ibnu Hassan ibnu Bandar ibnu Mutsanna Al Astarabazy as Shufi. Hadis ini dhaif.


    Hadis itu menunjukkan hidupnya Rasulullah SAW di kuburnya, dan pengetahuan Beliau mengenai orang yang mengucapkan salam kepada Beliau di Madinah, serta anjuran untuk menziarahi Madinah untuk maksud demikian itu (mengucapkan salam kepada Beliau ).