Neraka Wail Bagi Bangsa Arab

  1. Hadis:

    وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدْ اقْتَرَبَ أَفْلَحَ مَنْ كَفَّ يَدَهُ

    Artinya:
    "Neraka wail bagi orang Arab Dari kejahatan yang sungguh-sungguh sudah dekat, beruntunglah Barang siapa yang menahan tangannya."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana tercantum Shahih Muslim Dari Abu Hurairah: "Pada suatu hari Rasulullah SAW berjalan (meninggalkan rumah) dengan perasaan takut dan muka merah. Beliau bersabda: "Tiada Tuhan melainkan Allah, neraka wail (celaka) bangsa Arab."

    Periwayat:
    Abu Daud dan Hakim Dari Abu Hurairah R.A Hakim menshahihkan Hadis ini dan Ad-Dzahabi mengeritiknya karena terputus sanadnya. Bukhari meriwayatkannya dengan menambah atau mengurangi bunyi teks Hadis di atas. lafadh Hadis menurut Bukhari, artinya: "Neraka wail bagi bangsa Arab karena kejahatan yang sungguh- sungguh telah dekat, telah menang orang pada hari itu barang siapa menutup pintu Yajuj dan Majuj seperti ini, Beliau melingkari ibu jarinya dengan jari-jari lainnya. ditanyakan orang, wahai Rasulullah SAW, apakah kami akan celaka sedangkan masih ada orang- orang shalih di antara kami. Beliau menjawab: "Benar jika banyak terjadi perbuatan keji."


    Kata "Wail"ditujukan kepada seseorang yang berada pada kecelakaan dan tidak ada yang menyelamatkannya. Hadis itu merupakan isyarat tentang munculnya fitnah setelah zaman sahabat atau munculnya Ya'juj dan Ma'juj sebagaimana dalam riwayat lain yang shahih. Seperti bunyi Hadis di atas.

    dalam situasi fitnah terdapat kemenangan bagi orang yang menjauhkan diri Dari perbuatan menyakiti kaum Muslimin, serta menahan tangan dan lisannya Dari perbuatan demikian.