Pelayanan Istri Pada Suami

  1. Hadis:

    يَا بُنَيَّةُ، أَحْسِنِيْ إِلَى أَبِيْ عَبْدِ اللَّهِ فَإِنَّهُ أَشْبَهُ أَصْحَابِيْ بِيْ خُلُقًا

    Artinya:
    "Hai putriku, berbuat baiklah kepada Abdullah (Usman ibnu Affan), karena di antara sahabatku Dia lah yang paling mirip akhlaknya dengan aku."

    Asbabul Wurud:
    Abdurrahman ibnu Usman mengatakan bahwa Rasulullah SAWulah SAW mengunjungi puhinya, Ketika Dia sedang membersihkan kepala Usman (suaminya). melihat hal itu Rasulullah SAW bersabda seperti bunyi Hadis di atas.

    Periwayat:
    Thabrani dalam "Al-Jami'ul Kabir" Dari Abdurrahman ibnu 'Usman al Qursyi R.A


    inilah suatu cita-cita mulia, kedermawanan yang utama, dan akhlak mulia yang Dia rahkan Rasulullah SAW kepada puhinya (Ruqaiyah atau Ummu Kaltsum, istri Usman ibnu Affan), bahkan juga kepada semua orang Muslim. Pelayanan istri kepada suami dimaksudkan agar dapat dirasakan (dinikmati) kehidupan Perkawinan, berupa hak-hak dan pengaturan urusan rumah tangga, keikhlasan dan pemenuhan hak dan kewajiban untuk menata kebahagiaan manusia dalam kehidupan duniawi sepanjang dikehendaki Allah baginya.

    Hal itu digambarkan oleh Rasulullah SAW kepada Usman ibnu Affan yang memiliki akhlak mulia sehingga berhak menerima pujian Rasulullah SAW. Semoga ridha Allah menyertainya.