Harta yang Hilang

  1. Hadis:

    ضَالَّةُ الْمُسْلِمِ حَرَقُ النَّارِ

    Artinya:
    "Harta yang hilang Dari seorang Muslim (menjadi) penyulut api neraka."

    Asbabul Wurud:
    Kata Al Jarud:: "Nabi telah mendatangi kami. saat itu kami sedang berada di atas seekor unta yang kami temukan Dari suatu tempat yang kami lewati. Sabda Beliau : "Barang yang hilang Dari seorang Muslim menjadi penyulut… dan seterusnya.” dan menurut Hadis 'Ishmah: ”Aku menemui Rasulullah SAW yang pada saat itu Beliau sedang berada di tengah-tengah Bani Amir. Kata kami kepada Beliau : ”Ya Rasulullah SAW kami yang mendapatkan unta yang lepas itu." Jawab Beliau : "Barang seorang Muslim yang hilang… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad Turmidzi, Nasai, Ibnu Hibban dan At-Thahawi meriwayatkan Dari Al Jarud bin Ma'la. Imam Ahmad dan Ibnu Majah meriwayatkan Dari Abdullah bin Syakhir. Sedangkan Imam Thabrani meriwayatkannya didalam ”Al-Kabir"Dari 'Ishmah, katanya: "menurut Al-Haitsami para perawi (rijal) sebagian isnad Imam Agmad, shahih." Ibnu Hajar menilai Hadis Nasai isnadnya juga shahih."


    Apa yang hilang Dari kaum Muslimin menjadi penyulut api neraka bagi yang mengambilnya, jika ia tidak mengumumkannya atau bermaksud khianat.