Beberapa Amal Utama

  1. Hadis:

    عَلَيْكَ بِتَقْوَى اللهِ فَإنَّهَا جِمَاعُ كُلِّ خَيْرٍ وَعَلَيْكَ بِالجِهَادِ فَإنَّهُ رَهْبَانِيَّةُ المُسْلِمِيْنَ وَعَلَيْكَ بِذِكْرِ اللهِ وَتِلَاوَةِ كِتَابِ اللهِ فَإِنَّهُ نُوْرٌ لَكَ فِي الأَرْضِ وَذِكْرٌ لَكَ فِي السَّمَاءِ وَاخْزُنْ لِسَانَكَ إِلَّا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّكَ بِذَالِكَ تَغْلِبُ الشَّيْطَانَ

    Artinya:
    "Hendaklah kau selalu bertaqwa kepada Allah sebab taqwa itu him­punan semua kebaikan. Hendaklah kau berjihad sebab jihad itu "pendetanya "kaum Muslimin. Hendaklah kau selalu berdzikir kepada Allah dan membiasakan membaca Kitabullah sebab Kitabullah itu merupakan cahaya bagimu di bumi dan peringatan bagimu di langit. dan kuncilah lisanmu kecuali Dari perkataan yang baik. Maka sesungguhnya dengan demikian engkau akan dapat mengalahkan setan ."

    Asbabul Wurud:
    Berdasarkan keterangan Dari Abu Sa'id, bahwa seorang laki-laki telah datang kepada Rasulullah SAW seraya berkata: "Wahai Rasulullah SAW, berilah aku wasiat."Kata Beliau : "Hendaklah kamu selalu taqwa… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Diriwayatkan oleh: Abu Ya'la Dari Abu Sa'id Al-Khudri. Demikian pula Ibnu Dharis. Menurut Al-Haitsami, didalam sanadnya ada orang bernama Abu sukaim, ia seorang mudallis (merahasiakan sebagian isi Hadis). Sedangkan rijal (perawi-perawi) yang lainnya tsiqat (dapat dipercaya).


    taqwa meskipun pendek lafadznya namun merupakan himpunan Dari semua kebaikan, kumpulan Dari hak dan kewajiban. Sedangkan jihad merupakan "rahbaniyah", pendetanya kaum Muslimin. Maksudnya dengan jihad itu kaum Muslimin telah meninggalkan kelezatan dunia- wiyah, menjauhkan diri Dari para pelakunya, rela memikul kesulitan perjuangan dan penderitaan. Adapun tilawah Al-Qur’an dapat menerangi hati dan wajah pembacanya serta meraih sukses dalam bidang usahanya di bumi. Para malaikat akan menyanjungnya dengan sanjungan ke­baikan. kemudian memelihara lisan Dari perkataan yang tidak baik, menggunakannya untuk berdzikir, bertasbih, bertahmid, mengucapkan kata-kata hauqalah, basmalah istighfar dan lain-lain adalah tuntunan untuk keselamatan dan meraih ridha Allah.