Keutamaan Ali

  1. Hadis:

    كَأَنِّيْ قَدْ دُعٍيْتُ فَأَجَبْتُ إِنِّيْ تَارِكٌ فِيْكُمُ الثَّقَلَيْنِ أَحَدُهُمَا أَكْبَرُ مِنَ الآخَرِ كِتَابُ اللهِ وَعِتْرَتِيْ أَهْلُ بَيْتِيْ فَانْظُرُوْا كَيْفَ تَخْلُفُوْنِيْ فِيْهِمَا. فَإِنَّهُمَا لَنْ يَتَفَرَّقَا حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ عَلَى الحَوْضِ. إِنَّ اللهَ مَوْلَايَ وَأَنَا مَوْلَى كُلِّ مُؤْمِنٍ. مَنْ كُنْتُ مَوْلَاهُ فَهَذَا مَوْلَاهُ اللَّهُمَّ وَالِ مَنْ وَالَاهُ وَعَادِ مَنْ عَادَاهُ

    Artinya:
    "Seandainya aku dipanggil (Allah) maka aku menjawab (kematian), aku tinggalkan di tengah-tengah kamu dua hal yang sangat berat; yang satu lebih berat Dari yang lain: Kitabullah (Al-Qur'an) dan ahli keluargaku. Maka perhatikanlah bagaimana (mungkin) kalian akan mengganJikan aku untuk keduanya, padahal keduanya tidak akan berpisah sampai keduanya menemui disebuah telaga. Sesungguhnya Allah pemimpinku dan aku pemimpin orang-orang yang beriman. Siapa yang (menjadikan) aku pemimpinnya, maka Ali (juga) adalah pemim­pinnya. Ya Allah pimpi makanlah orang yang menjadikannya (Ali) pemimpin dan musuhilah orang yang memusuhinya."

    Asbabul Wurud:
    Bahwa Usamah telah berkata: "Aku ini bukanlah pemimpin, pemim- pinku adalah Rasulullah SAW", kemudian Rasulullah SAW bersabda seperti yang tersebut dalam Hadis ini.

    Periwayat:
    Thabrani di dalam "Al-Kabir"dan oleh Al-Hakim Dari Abu Thufail Dari Zaid bin Arqam.


    Imam Muslim telah meriwayatkan didalam kitab Shahihnya dengan sanadnya Dari Yazid bin Hayyan, katanya: "Aku, Hushain bin Sabrah dan Umar bin Muslim telah mendatangi Zaid bin Arqam. Ketika kami duduk didekatnya, berkatalah Hushain kepadanya: "Hai Yazid, aku telah menemukan kebaikan yang banyak. Aku telah melihat Rasulullah SAW, aku telah mendengar perkataannya, aku telah ikut berperang bersama­nya, dan aku telah shalat di belakangnya.

    Sungguh aku telah menemukan kebaikan yang banyak hai Yazid. Kini katakanlah kepadaku apa yang telah kau dengar Dari Rasulullah SAW?."Yazid berkata: "Hai anak saudaraku, usiaku sudah tua, aku telah lupa sebagian yang telah aku kumpulkan Dari Rasulullah SAW; maka apa yang telah aku katakan kepada kalian terima­lah dan apa yang tidak Janganlah kalian menyusahkan aku karenanya."kemudian Yazid kembali berkata: "Pada suatu hari Rasulullah SAW berpidato di hadapan kami disebuah sumur yang biasa disebut Khamman di antara Makkah dan Madinah. Rasulullah SAW setelah memuji dan menyanjung Allah, Beliau bersabda: Amma ba'du, wahai manusia, sesungguhnya aku manusia biasa, utusan Tuhanku (malaikat maut) akan menjemput aku dan aku akan memenuhinya. Aku tinggalkan padamu dua hal yang amat berat. yang pertama Kitabullah (Al-Qur'an) yang berisi petunjuk dan cahaya. Ambillah Kitab itu dan berpegang teguhlah kepadanya. kemudian yang kedua ahli keluargaku. Demi Allah aku pesankan ahli keluargaku kepada kalian. Demi Allah aku titipkan keluargaku kepada kalian."kemudian Hushain bertanya kepadanya: "Hai Yazid, siapa ahlul bait (keluarga) Rasulullah SAW itu? Bukankah istri-istri Beliau adalah ahlul bait?."Yazid berkata: "istri Beliau adalah ahlul bait. Bahkan orang-orang yang diharamkan menerima sedekah setelahnya."Hushain bertanya: "Siapa mereka?."Yazid menjawab: "Mereka adalah keluarga Ali, keluarga 'Aqil, keluarga Ja'far dan keluarga Abbas."Hushain bertanya lagi: "Apakah mereka semuanya diharamkan menerima sedekah?."Kata Yazid: "Ya."