Cara Memelihara Harta

  1. Hadis:

    مَا ذَهَبَ مَالٌ فِيْ بَرٍّ وَلَا بَحْرٍ إِلَّا بِمَنْعِ الزَّكَاةِ فَحَرِّزُوْا أَمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ وَدَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ وَادْفَعُوْا عَنْكُمْ طَوَارِقَ البَلَاءِ بِالدُّعَاءِ فَإِنَّ الدُّعَاءَ يَنْفَعُ مِمَّا نَزَلَ وَمِمَّا لَمْ يَنْزِلْ مَا نَزَلَ يَكْشِفُهُ وَمَا لَمْ يَنْزِلْ يَحْبِسُهُ

    Artinya:
    "tidaklah punah harta yang ada di darat dan dilautan kecuali dengan menolak (perintah) zakat, obatilah penyakitmu dengan (memberikan) sedekah dan tolaklah jalan-jalan yang mendatangkan bala dengan doa. Sebab doa itu berfaedah bagi (bala) yang turun dan yang belum turun. yang telah turun dibukanya (sehingga hilang) dan yang belum turun dicegahnya."

    Asbabul Wurud:
    Dari Ubadah, ia berkata: "Aku telah mendatangi Rasulullah SAW. Dia saat itu sedang duduk berteduh dibawah bayang-bayang sebuah tembok di Makkah. Tiba-tiba Rasulullah SAW ditegur orang: "Ya Rasulullah SAW aku telah mencuri harta seseorang ditepi laut, tetapi Ternyata sudah tidak ada."Rasulullah SAW bersabda: "tidaklah punah harta yang ada di darat… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Ibnu Asakir Dari Ubadah bin Shomit.


    1. Harta hakikatnya tidak berkurang karena disedekahkan. Jushu yang disedekahkan itulah yang akan menjadi milik sejati dan abadi .

    2. Ada beberapa Hadis lagi ditungkapkan, oleh penulis karena isinya sama, sengaja tidak kami tuliskan .