Larangan di dalam Ihram

  1. Hadis:

    لا تَلْبَسُوا القَمِيْصَ، وَلَا اَلْعَمَائِمَ، وَلَا السَّرَاوِيْلَاتِ، وَلَا اَلْبَرَانِسَ، وَلَا اَلْخِفَافَ، إِلَّا أَحَدٌ لَا يَجِدُ اَلنَّعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ اَلْخُفَّيْنِ وَلْيَقْطَعْهُمَا أَسْفَلَ مِنَ اَلْكَعْبَيْنِ، وَلَا تَلْبَسُوا شَيْئًا مِنْ اَلثِّيَابِ مَسَّهُ زَعْفَرَانٌ أَوْ وَرْسٌ وَلَا تَنْقُبُ المَرْأَةُ المُحَرَّمَةُ وَلَا تَلْبَسُ القِفَازَيْنِ

    Artinya:
    "Janganlah kamu memakai baju, sorban, celana, kopiah dan sepatu (kluf), kecuali seseorang yang tidak mendapatkan sandal, maka Pakailah sepatu dan potonglah sepatu itu sampai di bawah mata kaki. dan janganlah kamu memakai sesuatu pakaian yang terkena harum- haruman dan za'faran atau waras dan janganlah pula perempuan yang berihram memakai tudung dan sarung tangan."

    Asbabul Wurud:
    Umar berkata: "Wahai Rasulullah SAW, pakaian apa yang boleh dipakai oleh seseorang yang sedang berihram ?. Beliau menjawab dengan menyebut Hadis di atas.

    Periwayat:
    Imam Malik Bukhari, Muslim An-NaSa'i Dari Ibnu Umar R.A


    Hadis di atas melarang orang berihram memakai hal-hal yang disebutkan dalam Hadis dan dipandang cukup memadai memakai baju khusus selama ihram (haji dan umrah).