Asbabun Nuzul Surat Zukhruf Ayat 57 - Respons Terhadap Tindakan Kaum Quraisy yang Menggunakan Isa untuk Mempertahankan Keyakinan Terhadap Tuhan Mereka yang tidak Memiliki Kebaikan

Ketika Nabi menegaskan kepada kaum Quraisy bahwa tuhan mereka tidak punya sedikit pun kebaikan, mereka menjadikan Isa sebagai bahan untuk memperolok pernyataan Nabi tersebut, karena ada sebagian manusia yang mempertuhankannya. Itulah sebab nuzul ayat di atas.

  1. عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِقُرَيْشٍ: يَا مَعْشَرَ قُرَيْشٍ إِنَّهُ لَيْسَ أَحَدٌ يُعْبَدُ مِنْ دُونِ اللَّهِ فِيهِ خَيْرٌ. وَقَدْ عَلِمَتْ قُرَيْشٌ أَنَّ النَّصَارَي تَعْبُدُ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ، وَمَا تَقُولُ فِي مُحَمَّدٍ. فَقَالُوا: يَا مُحَمَّدُ أَلَسْتَ تَزْعُمُ أَنَّ عِيسَى كَانَ نَبِيًّا وَعَبْدًا مِنْ عِبَادِ اللَّهِ صَالِحًا، فَلَئِنْ كُنْتَ صَادِقًا فَإِنَّ آلِهَتَهُمْ لَكَمَا تَقُولُونَ. قَالَ: فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ (وَلَمَّا ضُرِبَ ابْنُ مَرْيَمَ مَثَلًا إِذَا قَوْمُكَ مِنْهُ يَصِدُّوْنَ). (1)

    Ibnu ‘Abba>s berkata bahwa suatu hari Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam menyeru kaum Quraisy, “Wahai kaum Quraisy! Tidak ada sedikit pun kebaikan pada sesuatu yang dijadikan sembahan selain dari Allah.” Pada waktu itu kaum Quraisy sudah tahu bahwa kaum Nasrani mempertuhankan Isa bin Maryam. Mereka juga tahu apa yang kaum Nasrani itu katakan terkait Nabi Muhammad. Karena itu mereka balik bertanya, “Wahai Muhammad, bukankah engkau meyakini Isa sebagai nabi dan satu dari sekian banyak hamba Allah yang saleh? Jikalau saja apa yang tadi kaukatakan itu benar maka tuhan mereka (yakni Isa) juga tidak punya sedikit pun kebaikan.” Allah lalu menurunkan ayat, walamma> d}uribabnu maryama mas\alan iz\a> qaumuka minhu yas}iddun.


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Hasan; diriwayatkan oleh Ah}mad dan at}-Tabra>niy. Lihat dan bandingkan dalam : Ah}mad, al-Musnad, juz 3, hlm. 283–285, hadis nomor 2921; at}-Tabra>niy, al-Mu‘jam al-Kabi>r, juz 12, hlm. 153–154, hadis nomor 1274. Lihat pula: al-Hais\amiy, Majma‘ az-Zawa>’id, juz 7, hlm. 165–166, hadis nomor 11331.