Asbabun Nuzul Surat Al-Anfal Ayat 36 - Balas Dendam Abu Sufyan atas Kekalahan di Perang Badar

Usai menderita kekalahan pada Perang Badar, Abu Sufyan mengajak kaum Quraisy untuk menggalang dana dalam rangka memerangi kaum muslim dan membalas dendam atas kekalahan mereka. Ayat di atas turun berkaitan dengan kejadian ini.

  1. عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ فِيْ قَوْلِهِ: (إِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا يُنْفِقُوْنَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوْا عَنْ سَبِيْلِ اللهِ فَسَيُنْفِقُوْنَهَا...) الآية، قَالَ: نَزَلَتْ فِيْ أَبِيْ سُفْيَانَ بْنِ حَرْبٍ اسْتَأْجَرَ يَوْمَ اُحُدٍ أَلْفَيْنِ مِنَ الْاَحَابِيْشَ مِنْ كِنَانَةَ، فَقَاتَلَ بِهِمُ النَّبِيَّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سِوَى مَنِ اسْتَجَاشَ مِنَ الْعَرَبِ. (1)

    Sa‘id bin Jubair memberi penjelasan terkait firman Allah, innal-lazina kafaru yunfiquna amwalahum liyasuddu ‘an sabilillahi fasayunfiqunaha ... “Ayat ini turun terkait Abu Sufyan bin H{arb. Pada Perang Uhud ia menyewa dua ribu tentara Ahabisy (tentara gabungan dari berbagai kabilah) dari Suku Kinanah. Ia memerangi Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersama mereka, selain orang-orang Arab lain (bukan tentara) yang dibayarnya untuk menjadi tentara.”


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Hasan; diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari ayahnya dari isa bin Abi Fatimah dari Ya‘qub al-Qummiy dari Ja‘far bin Abi Mugirah dari Sa‘id bin Jubair secara mursal. Lihat: Ibnu Abi Hatim, Tafsir al-Qur’an al-‘Azim, juz 5, hlm. 1697, nomor 9054. Abu Umar Nadi mengatakan bahwa para perawi tersebut siqah, selain 'I bin Abi Fatimah. Ia sendiri merupakan perawi yang saduq (jujur). Lihat: Abu Umar Nadi, al-Maqbul min Asbab an-Nuzul, h. 351. Ada banyak riwayat mursal lain yang senada dan diriwayatkan dari tabiin yang berbeda, misalnya dari Mujahid, al-Hakam bin ‘Utaibah, Qatadah, as-Suddiy, dan Ibnu Abza. Lihat: Ibnu Abi Hatim, Tafsir al-Qur’an al-‘Azim, juz 5, hlm. 1697, nomor 9053; at-Tabariy, Jami‘ al-Bayan, juz 11, hlm. 171–173. Satu-satunya riwayat yang mausul disebutkan oleh as-Suyutiy dari Ibnu Mardawaih dari Ibnu ‘Abbas. As-Suyutiy, ad-Durr al-Mansur, juz 7, hlm. 120. Riwayat-riwayat yang mursal di atas bisa dijadikan penguat atas hadis mausul dari Ibnu Mardawaih tersebut.