Mediatek, Pemasok Chipset 5G Apple mulai Tahun Depan

 
Mediatek, Pemasok Chipset 5G Apple mulai Tahun Depan

Teknologi 5G menjadi primadona bagi vendor chipset yang akan mendeliver kepada pabrikan smartphone dan device dengan internet kecepatan tinggi, seperti otomatisasi mesin pabrikan, tele surveillance, virtual reality, Internet of Things (IoT) serta fitur augmented reality.

Beberapa vendor chipset besar telah memperkenalkan chipset yang siap dikomersialisasikan, baru-baru ini MediaTek menjadi produsen berikutnya yang memperkenalkan chipset dengan kemampuan 5G dengan nama Helio M70.

Diperkenalkan lebih lanjut bahwa pengiriman chipset tersebut akan dimulai pada 2019 atau lebih bisa lebih cepat 6 bulan dari jadwal untuk menjawab permintaan internet di atas 1Gbps yang mana Helio M70 diklaim mampu mencapai kecepatan 5Gbps.

Dari event GSM Arena, Rick Tsai selaku CEO MediaTek, mengatakan bahwa ”dengan memanfaatkan berbagai solusi IP dan chipset, kami dapat membantu ekosistem dan pelanggan untuk meluncurkan perangkat tepat pada waktunya untuk era 5G.”

Dilaporkan pula bahwa MediaTek hampir mencapai kesepakatan menjadi pemasok chip Wi-fi untuk perangkat HomePod Apple, dan mengajukan sebagai pemasok modem untuk iPhone yang akan datang, hal ini setelah diperkirakan Apple memutus Intel sebagai pemasok modem kedua, setelah Qualcomm sebagai pemasok utama.

Apple dan MediaTek berencana membuat peta jalan produk, pengembangan teknologi dan kolaborasi antara kedua perusahaan sebagai basis jaminan bisnis di masa depan.