Siswa MTs N 3 Semarakkan Peringatan Robo'-robo' dengan Gelar Doa Bersama

Siswa MTs N 3 Semarakkan Peringatan Robo'-robo' dengan Gelar Doa Bersama

LADUNI.ID, MEMPAWAH - Dalam rangka menjaga Tradisi memasuki Rabu Terakhir di Bulan Safar, MTs Negeri 3 Mempawah pada hari Rabu tanggal 7 Nopember 2018 gelar doa bersama di acara Robo'-Robo'. Acara tersebut dimulai dengan pembacaan Yasin dipimpin kepala Tata Usaha bapak Sodik, S.HI dan ditutup pembaacaan doa dipimpin oleh Waka Sarana bapak Drs. M. Shaleh.  Doa di hari Robo-Robo ini adalah agenda tahunan yang dilaksanakan di MTs Negeri 3 Mempawah. Agenda ini merupakan partisipasi Madrasah dalam kegiatan yang dilaksankan oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar.

Bapak Sodik menyatakan bahwa kegitan Robo-Robo atau apapun namanya, kalau diisi dengan kegiatan positif apalagi dengan membaca al-Qur’an adalah suatu kebaikan yang insyaallah akan mendapat nilai di hadapan Allah SWT. Kegiatan Robo-Robo selain bernilai sejarah khusus di Kabupaten Mempawah, juga sebenarnya di Jawa diperingati dengan nama yang berbeda, yaitu disebut dengan Rabu Wekasan.”Mari kita isi Rabu terakhir di bulan Safar ini dengan kegiatan positif untuk meningkatkan takwa kita kepada Allah,” ujar Sodik.

Kepala MTs Negeri 3 Mempawah Muhammad Yusuf, M.Pd.I menyampaikan bahwa Robo-Robo tidak hanya sekedar tradisi namun juga berkaitan dengan sejarah berdirinya kerajaan Mempawah. “Dengan pelaksaaan Robo-Robo ini diharapkan dapat mengenang kembali bagaimana awal perjuangan berkembangnya Islam di daerah kita. Karena itu, hari Robo-Robo ini biasanya di kabupaten kita dijadikan hari libur daerah, tapi kita di Madrasah ini bukan hanya sekedar libur tapi kita isi dengan kegiatan positif seperti yang kita lakukan saat ini, yaitu pembacaan doa dan pembacaan Yasin,” tegas Muhammad Yusuf. (Latif)