Orang Islam Harus Menyayangi Sesama Manusia

 
Orang Islam Harus Menyayangi Sesama Manusia

LADUNI.ID, Jakarta – Menurut Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Mohammad Mahfud MD, muslim harus menyayangi sesama manusia. Bahkan menurutnya tidak hanya menyayangi, tetapi juga harus menghormatinya.

“Orang Islam harus menyayangi dan menghormati sesama manusia. Islam menegasakan, menyelamatkan satu nyawa manusia sama dengan menyelamatkan semua manusia di bumi,” terang Mahfud MD, seperti dilansir NU Online pada Rabu (28/11).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 ini menukil Sabda Rasulullah SAW, Nabi Muhammad bersabda, “Yang paling baik di antaramu adalah kamu yang menyebarkan manfaat (kebaikan) kepada semua manusia,” tulisnya.

Menanggapi pernyataan Mahfud MD, salah seorang warganet bertanya, “Apa sama prof @mohmahfudmd dengan satu orang manusia, sama dengan semua manusia di bumi? Mohon pencerahannya, trm ksh prof?” tulis salah seorang warganet.

Pertanyaan tersebut ditanggapi Mahfud dengan menerangkan bahwa kebaikan seseorang akan dibalas oleh Allah berlipat-lipat, sedangkan Allah dengan sepadan dengan kejelekan yang dilakukan oleh seorang hamba. Hal ini karena Allah Maha Penyayang dan Pengampun.

“Dalam Islam itu kalau kita berbuat kebaikan Allah selalu membalasnya berlipat-lipat kebaikan. Tapi kalau kita berbuat jelek Allah hanya akan menjatuhi sanksi secara sepadan dengan kejelekan yang kita lakukan. Allah Maha Penyayang dan Pengampun,” terang Mahfud MD.