Asbabun Nuzul Surat Al-Ankabut Ayat 60 - Imam as Suyuthi : Sekelompok Orang Yang Bersama Nabi Yang Singgah Di Kebun Kurma, Dan Memandang Ke Langit

  1. “Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka, “Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?” Tentu mereka akan menjawab, “Allah”, maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar). ”
    Abd bin Humaid, Ibnu Abi Hatim, Al-Baihaqi, dan Ibnu Asakir dengan sanad dha’if meriwayatkan dari Ibnu Umar. Ia mengatakan; Aku pergi bersama Rasulullah sehingga beliau masuk ke salah satu kebun di kota Madinah. Beliau lalu memunguti kurma dan memakannya. Beliau kemudian berkata kepadaku, “Wahai Ibnu Umar, ada apa denganmu, kenapa engkau tidak makan?” Aku berkata, “Saya tidak berselera.” Beliau bersabda, “Akan tetapi saya berselera. Ini adalah pagi hari keempat semenjak aku tidak menemukan dan mencicipi makanan. Seandainya aku mau, niscaya aku akan berdoa kepada Tuhanku sehingga memiliki apa yang dimiliki Kisra dan Kaisar. Lantas bagaimana denganmu Ibnu Umar ketika bertemu dengan suatu kaum yang menyimpan rezeki mereka untuk setahun dan keyakinannya menjadi lemah?” Ibnu Umar mengatakan; Demi Allah, belum sempat kami selesai berbincang hingga turunlah ayat, “Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka, “Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?” Tentu mereka akan menjawab, “Allah”, maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar). ”
    Rasulullah & bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menyuruhku untuk mengumpulkan simpanan dunia, dan tidak pula untuk mengikuti hawa nafsu. Ketahuilah, sesungguhnya aku tidak menyimpan Dinar tidak pula Dirham. Aku juga tidak menyimpan rezeki untuk hari esok. ” (1)

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    1. Dha’if: Ibu Katsir (4/159) dan Al-Qurthubi (7/520) meriwayatkan dari Az-Zuhri dengan sanad dha’if. Lihat: Al-Mathalib Al-Aliyyah (3140).