Tahun 644-656 M: Jejak Peradaban Dunia di Masa Pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan

 
Tahun 644-656 M: Jejak Peradaban Dunia di Masa Pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan

Laduni.ID, Jakarta - Pada periode pemerintahan Khalifah Sayyidina Utsman bin Affan, yang berlangsung dari tahun 644 hingga 656 M, terdapat sejumlah peristiwa bersejarah yang mencakup berbagai wilayah di seluruh dunia, seperti Jazirah Arab, Nusantara, Timur Tengah, Mesir, Eropa, dan Cina. Era ini menjadi saksi bagi berbagai perubahan signifikan yang membentuk landasan peradaban dunia seperti yang kita kenal saat ini.

Peristiwa bersejarah tersebut tidak hanya memengaruhi kehidupan di Jazirah Arab, tetapi juga menorehkan jejaknya di berbagai belahan dunia lainnya. Dari timur hingga barat, dari Nusantara hingga Eropa, dampak peristiwa sejarah di masa Khalifah Sayyidina Utsman bin Affan melintasi batas-batas geografis, membentuk arah peradaban global.

Mari kita telusuri beberapa kejadian menarik yang terjadi selama masa kepemimpinan Khalifah Sayyidina Utsman bin Affan untuk memahami betapa pentingnya periode tersebut dalam membentuk corak dunia yang kita nikmati hari ini.

Di Jazirah Arab tahun 644 M terjadi pergantian kekhalifahan. Khalifah sebelumnya, yakni Sayyidina Umar bin Khattab sebelum meninggal dunia telah menyiapkan sebuah komite yang terdiri dari enam dari sepuluh orang sahabat Rasulullah SAW untuk dipilih sebagai khalifah di antara mereka.

Mereka adalah Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Zubair bin Awwam, Thalhah bin Ubaidillah, Abdurahman bin Auf, dan Sa'ad bin Abi Waqqash. Di antara mereka yang terpilih sebagai khalifah Islam yang ketiga adalah Utsman bin Affan. Beliau dibai'at kaum muslimin sebagai khalifah ketiga pada Hari Sabtu, 1 Muharram 24 H (644 M) setelah tiga hari dari pemakaman Sayyidina Umar bin Khattab.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN