Wisata Religi ke Makam Syekh Abdur Rahim Al-Asyi (Teungku Chik Awe Geutah)

 
Wisata Religi ke Makam Syekh Abdur Rahim Al-Asyi (Teungku Chik Awe Geutah)

Daftar Isi

  1. Profil
  2. Lokasi Makam
  3. Motivasi Ziarah Menurut Syekh Nawawi Al-Bantani
  4. Fadilah ke Makam Teungku Chik Awe Geutah
  5. Peninggalan Teungku Chik Awe Geutah
  6. Oleh-Oleh
  7. Sumber

1. Profil
Syekh Abdur Rahim Al-Asyi merupakan salah satunya ulama kondang Aceh pada zaman dulu yang sangat berperan dalam mengembangkan agama Islam yang aman dan damai di Aceh. Masyarakat sering memanggilnya dengan nama Teungku Chik Awe Geutah.

Nama Teungku Chik Awe Geutah juga dikenal oleh sebagian besar masyarakat Aceh melalui cerita dalam pengajian di dayah-dayah (pesantren). Beliau merupakan seorang ulama Sufi yang berasal dari Iraq, kemudian merantau dan menetap di Desa Awe Geutah pada abad ke-13 hingga wafat di sana. Teungku Chiek Awe Geutah datang ke Aceh pada masa Sultan Ali Mughayat Syah. Oleh Sultan Ali Mughayat Syah, Teungku Chik Awe Geutah diutus ke Peusangan. Setelah bermukim di beberapa tempat, beliau akhirnya menetap di Desa Awe Geutah.

Konon, Teungku Chik Awe Geutah memilih Desa Awe Geutah setelah mendapat isyarat berupa cahaya putih yang diyakini berasal dari desa tersebut. Beberapa lama kemudian beliau mendirikan dayah di daerah tersebut dan mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat setempat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN