Ringkasan Pemikiran Fakhr Ar-Razi

 
Ringkasan Pemikiran Fakhr Ar-Razi
Sumber Gambar: Syihabussaybani

Laduni.ID, Jakarta – Perbedaan persepsi tentang Tuhan antara Ibnu Sina dan al-Razi dimulai dari perspektif keduanya tentang sifat. Untuk memfokuskan pendapat al-Razi dalam konsep Tuhan, maka akan penulis fokuskan menjadi dua titik atau pokok pembahasan yaitu:

1. Teori Gerak (Kausalitas)

Teori gerak al-Razi, bisa dikatakan sebagai bentuk kritikan terhadap teori Ibnu Sina mengenai emanasi. Tuhan sebagai Prima Kausa tidak ditolak oleh al-Razi, namun lain halnya dengan ungkapan “alam ada bersamaan dengan Tuhan”.

Dalam menanggapi hal ini, al-Razi menyebutkan adanya faktor yang terlupakan oleh Ibnu Sina, yaitu, iradah Tuhan dalam menentukan waktu yang tepat untuk menciptakan alam. Logikanya al-Razi menilai bahwa kausalitas Ibnu Sina telah menafikan kemungkinan adanya perubahan di alam. Sebab sebagaimana dikemukakan Ibnu Sina, bahwa kausa yang sama akan selalu melahirkan akibat yang sama.

Padahal sebagaimana yang terjadi, perubahan di alam tetaplah terus menerus terjadi. Sebagaimana terjadinya segala kejadian dengan sebab yang berbeda-beda, namun berakibat sama ataupun sebaliknya. Jika seandainya hal ini diterima, maka ia akan tetap melahirkan sebuah penjelasan yang absurd tentang konsep “sebab awal tanpa penyebab lain”.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN