Konsultasi Keluarga: Mengatasi Perbedaan Sikap di Keluarga dan Masyarakat

Konsultasi Keluarga: Mengatasi Perbedaan Sikap di Keluarga dan Masyarakat

Selamat pagi, Pak...

Saya, F, seorang istri muda. Saya ma bertanya gini, Pak... Saya merasa ada perbedaan sikap saya ketika di rumah dan di masyarakat. Kalau di rumah saya merasa lebih bebas, mau ngapain aja ke suami juga. Jadi ga ada beban, walaupun harus marah misalnya. Tapi ketika di masyarakat saya merasa lebih mengontrol sikap dan perilaku saya, kayaknya lebih hati-hati gitu. Itu kenapa ya Pak? Apa wajar ga sih yang kayak gitu? Terima kasih, Pak..

Selamat pagi...

Jawaban:

Selamat pagi saudari, F... Semoga senantiasa diberikan keluarga yang harmonis.. Sikap Mba yang seperti itu bisa dijelaskan seperti ini. Ketika Anda berada di tengah-tengah keluarga, Anda secara tidak sadar akan merasa aman, sehingga Anda lebih bebas dalam bersikap dan berperilaku. Karena Anda berpikir bahwa apapun yang akan saya lakukan, pasti bisa diterima oleh pasangannya.

Baca Juga: Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri  pada saat Berbicara di Depan Umum

Dengan kata lain, Anda merasa lebih aman untuk mengekspresikan diri Anda. Sebaliknya ketika Anda berada di masyarakat, Anda akan menjumpai situasi yang tidak bisa diprediksi dan berbagai norma yang ada. Oleh karena itu Anda kemudian akan menjaga sikap dan perilaku Anda agar jangan sampai ditolak masyarakat. Dengan penjelasan tadi, jadi masuk akal ada perbedaan sikap saat di rumah dan di masyarakat.

Namun demikian, sikap yang paling baik sebenarnya adalah menuju ke arah kecilnya perbedaan sikap tadi. Alangkah baiknya jika Anda bisa tetap menjaga sikap dan perilaku Anda ketika di rumah sebagaimana ketika Anda menjaganya di masyarakat. Jika itu bisa dilakukan tentunya pasangan Anda akan sangat bahagia dan keluarga Anda akan makin harmonis.

Mungkin itu sedikit yang bisa saya jelaskan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Salam hormat

DR. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi