Asbabun Nuzul Surat Al-An'am Ayat 118-121 - Allah Menghalalkan Makan Daging yang Disembelih dan Mengharamkan Makan Bangkai

Beberapa orang bertanya kepada Nabi mengapa Allah menghalalkan hewan yang dimatikan manusia (dengan cara disembelih), tapi justru mengharamkan yang dimatikan-Nya (yakni mati secara alami; bangkai). Ayat di atas turun untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  1. عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: جَاءَتِ الْيَهُودُ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالُوا: نَأْكُلُ مِمَّا قَتَلْنَا وَلاَ نَأْكُلُ مِمَّا قَتَلَ اللَّهُ فَأَنْزَلَ اللَّهُ ‏(وَلاَ تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ...)‏ إِلَى آخِرِ الآيَةِ. (1)

    Ibnu ‘Abbas berkata, “Beberapa orang Yahudi menghadap Nabi s}allallahu ‘alaihi wasallam untuk bertanya, ‘Mengapa kami diperbolehkan memakan hewan yang kami matikan (yakni kami sembelih), tapi tidak diperbolehkan memakan hewan yang Allah matikan (yakni mati secara alami)?’ Allah lalu menurunkan firman-Nya, wa la ta’kulu mimma lam yuzkarismullahi ‘alaihi … hingga akhir ayat.”


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Sahih; diriwayatkan oleh Abu Dawud, at-Tirmiziy, Ibnu Majah, dan an-Nasa’iy. Lihat: Abu Dawud, dalam Kitab al-Adahi, Bab zaba’ih Ahl al-Kitab, hlm. 319, hadis nomor 2819; at-Tirmiziy, Sunan at-Tirmiziy, dalam Kitab Abwab Tafsir al-Qur’an, Bab wa min Surah al-An‘am, hlm. 687, hadis nomor 3069; Ibnu Majah, Sunan Ibni Majah, dalam Kitab az-Zaba’ih), Bab at-Tasmiyah ‘ind az-Zabh, hlm. 537, hadis nomor 3187; an-Nasa’iy, Sunan an-Nasa’iy, dalam Kitab ad-D{ahaya, Bab Ta’wil Qaul Allah wa la Ta’kulu, hlm. 464, hadis nomor 4437. At-Tirmiziy mengatakan hadis ini hasan garib. Al-H{akim meriwayatkan hadis ini dalam al-Mustadrak, dalam Kitab al-Adahi, juz 4, hlm. 257–258, hadis nomor 7564. Ia mengatakan hadis ini sahih berdasarkan syarat Muslim. Pendapat ini disetujui oleh az-Zahabiy.