Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 181 - Meluruskan Anggapan Kaum Yahudi bahwa Allah Fakir dan Harus Meminta Pinjaman dari Hamba-Nya

Allah menyatakan bahwa Dia akan melipatgandakan balasan bagi para hamba yang memberi-Nya pinjaman yang baik dengan cara bersedekah di jalan-Nya. Oleh kaum Yahudi hal ini disalahartikan. Mereka menganggap Tuhan kaum muslim fakir sehingga harus meminta pinjaman dari hambaNya. Ayat ini lantas turun untuk meluruskan anggapan tersebut

  1. عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا لمَاَّ نَزَلَ قَوْلُهُ تَعَالَى: (مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفُهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيْرَةً ) قَالَتِ الْيَهُوْدُ: يَا مُحَمَّدُ، أَافْتَقَرَ رُبُّكَ فَسَأَلَ عِبَادَهُ الْقَرْضَ؟ فَأَنْزَلَ اللهُ: (لَقَدْ سَمِعَ الله قَوْلَ الَّذِيْنَ قَالُوْا إِنَّ الله فَقِيْرٌ وَنَحْنُ أَغْنِيآءُ). (1) عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ :دَخَلَ أَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيْقُ رَضِيَ الله عَنْهُ بَيْتَ الْمِدْرَاسِ، فَوَجَدَ مِنْ يَهُوْدَ نَاسًا كَثِيْرًا قَدِ اجْتَمَعُوْا عَلَى رَجُلٍ مِنْهُمْ يُقَالُ لَهُ أَشْيَعُ، فَقَالَ لَهُ أَبُوْ بَكْرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ: وَيْحَكَ يَا فَنْحَاصُ، اِتَّقِ اللهَ وَأَسْلِمْ، فَوَاللهِ لَتَعْلَمُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلٌ مِنْ عِنْدِ الله قَدْ جَاءَكُمْ بِالْحَقِّ مِنْ عِنْدِهِ، وَتَجِدُوْنَهُ مَكْتُوْبًا عِنْدَكُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ. فَقَالَ فَنْحَاصُ: وَاللهِ يَا أَبَا بَكْرٍ مَا بِنَا إِلىَ اللهِ مِنْ حَاجَةٍ مِنْ فَقْرٍ، وَإِنَّهُ إِلَيْنَا لَفَقِيْرٌ، وَمَا نَتَضَرَّعُ إِلَيْهِ كَمَا يَتَضَرَّعُ إِلَيْنَا، وَإِنَّا عَنْهُ لَأَغْنِيَاءُ، وَلَوْ كَانَ عَنَّا غَنِيًّا مَا اسْتَقْرَضَ مِنَّا كَمَا يَزْعُمُ صَاحِبُكُمْ، يَنْهَاكُمْ عَنِ الرِّبَا وَيُعْطِيْنَاهُ، وَلَوْ كَانَ عَنَّا غَنِيًّا مَا أَعْطَانَا الرِّبَا. فَغَضِبَ أَبُوْ بَكْرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ، فَضَرَبَ وَجْهَ فَنْحَاصَ ضَرْبًا شَدِيْدًا، وَقَالَ: وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَوْلَا الَّذِيْ بَيْنَنَا وَبَيْنَكَ مِنَ الْعَهْدِ لَضَرَبْتُ عُنُقَكَ يَا عَدُوَّ اللهِ، فَأَكْذِبُوْنَا مَا اسْتَطَعْتُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِيْنَ. فَذَهَبَ فَنْحَاصُ فَأَخْبَرَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ أَبْصِرْ مَا صَنَعَ بِيْ صَاحِبُكَ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا حَمَلَكَ عَلَى هَذَا يَا أَبَا بَكْرٍ؟ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ الله إِنَّ عَدُوَّ اللهِ قَالَ قَوْلاً عَظِيْمًا، يَزْعُمُ أَنَّ اللهَ فَقِيْرٌ وَأَنَّهُمْ عَنْهُ أَغْنِيَاءُ، فَلَمَّا قَالَ ذَلِكَ غَضِبْتُ لِلَّهِ مِمَّا قَالَ فَضَرَبْتُ وَجْهَهُ. فَجَحَدَ فَنْحَاصُ ذَلِكَ، فَأَنْزَلَ اللهُ تَبَارَك َوَتَعَالَى فِيْمَا قَالَ فَنْحَاصُ: (لَقَدْ سَمِعَ اللّهُ قَوْلَ الّذِينَ قالُوا إنّ اللّهَ فَقِيرٌ وَنحْنُ أغنِياءُ سَنَكْتُبُ ما قالُوا وَقَتْلَهُمُ الأنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَنَقُولُ ذُوقُوا عَذَابَ الحَرِيقِ). (2)

    Ibnu ‘Abba>s rad}iyalla>hu 'anhuma> berkata, “Ketika turun firman Allah, man z\al-laz\i> yuqrid}ulla>ha qard}an h}asanan fayud}a>‘ifahu> lahu> ad}‘a>fan kas\i>rah, kaum Yahudi berkata, ‘Wahai Muhammad, apakah Tuhanmu fakir sehingga Ia harus berutang kepada para hamba-Nya?’ Allah lalu menurunkan ayat, laqad sami‘alla>hu qaulal-laz\i>na qa>lu> innalla>ha faqi>run wanah}nu agniya>’.” Ada pula riwayat lain yang disinyalir menjadi sebab nuzul ayat ini, yaitu: Ibnu ‘Abba>s berkata, “Abu> Bakr masuk ke Bait al-Midra>s (pusat belajar mengajar Taurat kaum Yahudi). Di sana ia menjumpai beberapa orang Yahudi sedang berkumpul di sekeliling pemuka dan rahib mereka, Fanh}a>s}. Bersamanya duduk seorang rahib lainnya bernama Asyya‘. Abu> Bakr berkata, ‘Celakalah engkau, Fanh}a>s}! Takutlah kepada Allah dan masuk Islamlah! Demi Allah, engkau pasti sudah tahu Muhammad adalah rasul yang Allah utus dengan membawa kebenaran dari sisi-Nya. Kalian juga telah mendapati namanya tertulis dalam Taurat dan Injil.’ Fanh}a>s} menjawab, ‘Demi Allah, wahai Abu> Bakr, kami bukanlah orang-orang miskin sehingga kami sama sekali tidak membutuhkan Allah. Dialah yang sesungguhnya membutuhkan kami. Kami tidak merendahkan diri kepada-Nya, melainkan Dialah merendahkan diri kepada kami. Kami benar-benar tidak membutuhkan-Nya. Bila tidak membutuhkan kami, tentu Dia tidak akan meminta pinjaman dari kami seperti kata sahabatmu, Muhammad. Dia melarang kalian berbuat riba, namun Dia malah memberi kami riba. Seandainya Dia kaya, tentu Dia tidak akan memberi kami riba.’ Abu> Bakr marah mendengarnya. Dia menampar keras-keras muka Fanh}a>s} sambil berkata, ‘Demi Tuhan yang menggenggam jiwaku, seandainya di antara kita tidak ada perjanjian damai, tentu sudah kupenggal kepalamu, wahai musuh Allah! Dustakanlah kami semampu kalian jika kalian orang-orang yang benar!’ Fanh}a>s} bergegas mendatangi Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam dan mengadu, ‘Wahai Muhammad, lihatlah apa yang telah sahabatmu perbuat kepadaku.’ Rasulullah bertanya, ‘Mengapa engkau berbuat demikian, wahai Abu Bakr?’ ‘Wahai Rasulullah, musuh Allah ini telah berkata lancang. Dia menganggap Allah fakir dan mereka (orang Yahudi) kaya. Tentu saja aku marah (karena Allah) mendengar perkataan itu sehingga aku tampar wajahnya,’ jawab Abu> Bakr. Fanh}a>s} menyanggah keterangan Abu> Bakar, lalu Allah menurunkan ayat berikut untuk menanggapi sanggahan Fanh}a>s}, laqad sami‘alla>hu qaulal-laz\i>na qa>lu> innalla>ha faqi>run wanah}nu agniya>’.”


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Hasan; diriwayatkan oleh Ibnu Abi> H{a>tim dan d}iya>’uddi>n al-Maqdisiy. Lihat: Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 2, hlm. 460, hadis nomor 2429; D{iya>’uddi>n al-Maqdisiy, al-Ah}a>di>s\ al-Mukhta>rah, (Beirut: Da>r Khad}r, cet. 3, 2000), juz 10, hlm. 112–113, hadis nomor 110. Dilihat dari sanadnya hadis ini d}aif, namun derajatnya bisa merangkak menjadi h}asan ligairih berkat adanya hadis senada dari jalur lain, misalnya hadis yang disebutkan oleh at}-T{abariy dari jalur H{asan al-Bas}riy dan Qata>dah, demikian juga hadis dari Ibnu ‘Abba>s berikut. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n, juz 6, hlm. 280. (2) Hasan; diriwayatkan oleh at}-T{abariy dan Ibnu Abi> H{a>tim. Ah}mad Sya>kir menilai sanad hadis ini jayyid atau sahih. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ul-Baya>n, juz 6, hlm. 278–279; Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>rul-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 3, hlm. 828–829; Ah}mad Sya>kir, ‘Umdatut-Tafsi>r, (Mansurah: Da>rul-Wafa>’, cet. 2, 2005), juz 1, hlm. 444–445.